Foto : Pekerja Padat Karya Tunai Diruas Jalan Nasional Krian Waru Sidoarjo

15 Maret 2021
Redaksi
1064

BBPJN Jawa Timur-Bali lanjutkan Program Padat Karya Tunai

Sidoarjo, pusakanews, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Tahun 2021 melanjutkan program Padat Karya Tunai (PKT/cash for work) untuk menekan angka pengangguran yang ditimbulkan oleh Pandemi COVID-19.

Pelaksanaan Programpeningkatan infrastruktur konektivitas dilakukan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN/BPJN) di seluruh provinsi, seperti yang sedang dilakukan oleh BBPJN 8 Di ruas Jalan PPK 4.1.

Hariani, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Waru - Sidoarjo - Krian dikonfirmasi mengatakan, Program PKT Kementerian PUPR dilaksanakan melalui pembangunan infrastruktur yang melibatkan masyarakat/warga setempat mas, khususnya infrastruktur berskala kecil.

Jadi PKT ini untuk pekerjaan yang sederhana yang tidak membutuhkan alat berat, tidak berisiko tinggi. Misalkan pemeliharaan jalan, drainase, babat rumput, ngecat jembatan, trotoar.

Sehingga tidak harus tenaga kerja konstruksi yang bersertifikat, sehingga bisa masyarakat biasa, namun tetap fasilitatornya yang memahami teknis pekerjaan, ucap Hariani.

Masih menurut haryani, sekarang sudah ada 144 orang yang bekerja setiap hari mas. Baik rutin jalan maupun jembatan dan revitalisasi drainase. Dan itu real d lapangan. Mudah2an berjalan lancar.

Yang jelas tim d lapangan selalu bergerak,kitabekerja berdasarkan prioritas penanganan.

Haryani menambahkan, Program PKT ini selain untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan meningkatkan daya beli masyarakat, juga bisa memberikan kontribusi pada program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pasca Pandemi COVID-19. Ucapnya. (Zack). .

Tags