Petugas dan warga menyambangi area banjir yang merendam wilayah Kecamatan Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (19/6/2020). Banjir terjadi karena luapan sungai dan cuaca buruk.* /Dokumentasi Kecamatan Karangnunggal

20 Juni 2020
Redaksi
1338

Cuaca Ekstrem, Beberapa Dusun di Kecamatan Karangnunggal Tasikmalaya Terendam Banjir.

Kab. Tasikmalaya, Pusakanews.Net_ Enam dusun di Kecamatan Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya terendam banjir akibat luapan Sungai Cilangla, Jumat 19 Juni 2020.

 

Sungai meluap setelah cuaca buruk dengan hujan deras terus mengguyur wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

 

Enam dusun tersebut yakni Ciawi, Mekarwangi, Ciputat, Cikancra, Gandasari, Cisodong.

 

Di Ciawi, lahan sawah yang terendam banjir seluas empat hektar dan 15 kolam ikan warga.

 

Sedangkan di Mekarwangi, 8 hektar lahan sawah dan 5 kolam dengan rumah 10 keluarga yang dihuni 35 jiwa terendam banjir. ‎ Ciputat, 5 hektar sawah dan rumah 45 keluarga (130 jiwa) terendam banjir.

 

Cikancra, 3 hektar sawah. Gandasari, 2 hektar sawah. Cisodong, 0,5 hektar sawah.

 

Camat Karangnunggal Asep M Dahliana mengungkapkan kondisi dusun yang terdampak banjir masih belum surut hingga Jumat sore.

 

"Masih terendam karena masih hujan," kata Asep

 

Ketinggian air mencapai 1-2 meter. Untuk warga yang kediamannya terendam air, lanjutnya, dievakuasi ke rumah saudara/kerabatnya.

 

Bencana alam juga makan korban jiwa.

 

Jenab, perempuan 75 tahun meninggal setelah kediamannya diterjang longsoran tebing di Kampung Ciroyom, RT 19 RT 06, Desa Jatijaya, Kecamatan Gunungtanjung.

 

Longsor Ciroyom menimbun dua rumah yang salah satunya tempat tinggal korban. Sementara itu, Sukasesih, warga Kampung Cikaret, RT 01 R1 02, Desa/Kecamatan Cibalong mengalami luka-luka selepas kediamannya tertimpa longsor.

 

Dua peristiwa nahas itu terjadi pada Jumat 19 Juni 2020, pukul 05.00 WIB.

 

Peristiwa itu tercatat dalam laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tasikmalaya pada Jumat sore.

 

Terdapat 15 titik bencana alam lantaran cuaca buruk yang terjadi sejak Kamis-Jumat, 18-19 Juni 2020 di Kabupaten Tasikmalaya.

 

Sejumlah lokasi bencana juga berada di Kecamatan Sukaresik, Karangnunggal, Sukaraja dan Cikatomas. Di Sukaresik, banjir terjadi di Desa Tanjungsari.

 

Banjir pun terjadi di Desa Ciawi, Kecamatan Karangnunggal.

 

Ada longsor yang menimpa bahu jalan provinsi di wilayah Kecamatan Sukaraja.

 

Tak hanya itu, terdapat pula tiga titik jalan ambles di jalur jalan kabupaten yang menghubungkan Salopa, Pancatengah, Cikalong dan Cipatujah. (fhm)

Tags