01 Desember 2020
Redaksi
174

Drainase Dan Median Jalan Nasional Pandaan - Purwosari Dibiarkan Tumbuh Ilalang

Pasuruan, pusakanews, Median Jalan Nasional ruas Pandaan - Purwosari seakan tak terawat. Rumput dan ilalang dibiarkan tumbuh memenuhi median jalan sehingga sangat tidak elok dipandang.

Begitu juga dengan kondisi drainase, rumput yang lebat mememuhi permukaan sampai kebadan jalan seakan tidak pernah tersentuh pemeliharaan.

PPK Pandaan – Purwosari – Malang - Kepanjen dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp tidak direspon.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) jauh sebelum adanya pandemi Covid-19. Sudah melakukan Padat Karya dalam Paket Pekerjaan Preservasi Jalan dengan skema long segment.

Berdasarakan surat edaran Direktur Preservasi Jalan nomor : PR.01.02-B1/447.1 tanggal 27 November 2017 telah disampaikan Petunjuk Pelaksanaan Padat Karya dalam Paket Pekerjaan Preservasi Jalan dengan skema long segment. antara lain,

Pengendalian  Tanaman  minimal  4  kali  penanganan  /  tahun. Tenaga kerjan 10 Org Per Grup. Pembersihan Drainase minimal  4 kali  penanganan  /  tahun. Tenaga kerjan10 Org Per Grup.

Pengecatan  sederhana jembatan  minimal 1 kali penanganan / tahunTenaga kerjan10 Org Per Grup. Pembersihan jembatan minimal 4 kali penanganan / tahun. Tenaga kerjan10 Org Per Grup.

Lagi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dibulan Agustus 2020, untuk mengurangi beban masyarakat dalam masa pandemi, meluncurkan program Padat Karya Tunai (PKT) dengan melibatkan masyarakat yang terdampak untuk terlibat dalam penanganan dan pemeliharaan infrastruktur termasuk pemeliharaan jalan dan jembatan nasional.

Begitu juga ruas jalan nasional Sidoarjo - Pandaan - Purwosari - Malang - Kepanjen yang ada dibawah kendalai Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII, Miliaran Rupiah anggaran Padat Karya Tunai dikucurkan untuk ruas jalan tersebut.

Item pekerjaanpun sama dengan item Padat Karya Paket Pekerjaan Preservasi Jalan dengan skema long segment.

Anehnya rumput - serta drainase di ruas jalan Sidoarjo - Pandaan - Purwosari - Malang - Kepanjen dibiarkan tumbuh subur bak tidak tersentuh perawatan.( Zack) 

Tags