27 Desember 2019
Redaksi
1417

HOBY JADI MATERI? KENAPA TIDAAK!

Pusakanews. Net_Dibayar untuk mengerjakan apa yang kita suka?

Mau banget! Some peoples have all the luck.

Kuliah di jurusan pilihan, di kampus favorit pula. Begitu lulus langsung kerja di bidang yang diinginkan.

Sebenarnya kita juga bisa jadi orang yang beruntung seperti itu. Jadikan hobi sebagai profesi! Komersial, Nih Bukan mustahil, kok, menjadikan hobi sebagai sumber penghasilan kita, seperti jadi penyanyi pro karena senang menyanyi atau punya show kuliner sendiri karena senang masak. Tetapi itu memang nggak gampang. Ada beberapa hal yang perlu kita pahami sebelum melaksanakan niat ini.

Hal pertama adalah melihat peluang komersial dari hobi kita. Nggak semua hobi dapat menghasilkan sesuatu yang bernilai jual.

Hobi yang bisa dijadikan profesi adalah hobi yang bisa jadi sumber bisnis. Contohnya fotografi atau kerajinan tangan yang menghasilkan produk seperti hiasan rambut, kotak serbaguna, dan masih banyak lagi.

Mau Mulai?.

Biasanya nih, kendala terbesar kita adalah cara memulainya. Mendengar banyak orang jadi tajir karena hobi, sih, sering. Tapi untuk mengaplikasikan contoh tersebut pada diri sendiri rasanya susah banget. Kita bisa mulai dari teman-teman dekat.

Contohnya, hobi kita membuat kartu ucapan. Mula-mula, kita bisa menawarkannya pada teman nongkrong atau saudara. Jika laris manis, itu berarti hobi kita punya peluang bisnis. Mulai, deh, titipin karya kita ke tempat yang lebih umum seperti toko atau bikin website untuk jualan secara online. Bergabung dalam komunitas yang memiliki kesamaan hobi akan sangat membantu.

Manfaatkan milis-milis hobi, dong! Bukan hanya memperluas pangsa pasar, di sini kita juga bisa sharing mengenai peluang bisnis dari hobi kita itu. Peluang mendapat rekan bisnis pun terbuka lebar. Semakin banyak komunitas, semakin baik.

Di zaman sekarang, kemajuan teknologi benar-benar membawa berkah buat yang jeli melihat peluang bisnis. Kita bisa mencoba memasarkan barang-barang hasil produksi hobi kita di dunia maya.

Saat ini, nggak sedikit orang yang ‘jualan’ di website atau blog pribadi. Proses transaksi yang nggak ribet dan bisa dilakukan sambil kerja atau sambil santai di rumah.

Penting diingat bahwa dalam bisnis pasti ada saja kendalanya.

Nggak sedikit hobi yang masih terlalu berisiko untuk langsung dijadikan profesi utama. Apalagi kalau hobi kita itu sangat spesifik seperti membuat pergamano, paper tole atau art clay.

Biar sukses memasarkannya, lagi-lagi diperlukan jaringan yang luas. Jika kita nggak beruntung menjadikan hobi sebagai bisnis, carilah pekerjaan yang bisa menyalurkan hobi kita.

Misalnya, kita suka banget menuangkan pikiran dalam bentuk tulisan di blog atau buku harian.

Kenapa nggak melamar jadi reporter di majalah?  Apalagi jadi penulis nggak perlu pendidikan khusus. Yang penting memang suka dan tulisannya enak dibaca!

Demikian juga halnya dengan hobi desain, kita bisa bergabung dengan tim kreatif di perusahaan advertising atau majalah.

Hobi mengutak-atik komputer juga bisa kita salurkan dengan gabung di divisi Teknologi Informasi. Selain hobi tersalurkan, kita mendapatkan bayaran untuk hasil kerja kita.

 

Penulis : fhm

Gimana Asyikkan!   

Di tunggu lanjutannya iya masih panjang ko.  ????

Tags