Foto : Ramot Batubara, SH Ketua PROPINDO Prov Jatim Bersama Advokat yang Baru Dilantik di Pengadilan Tinggi Surabaya

07 September 2021
Redaksi
91

Ketua PROPINDO Prov Jatim Kembali Lakukan Pelantikan Advokat di Pengadilan Tinggi Surabaya

Surabaya, Pusakanews – Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional PROPINDO (Perkumpulan Profesi Pengacara Indonesia) Roy Sirait diwakili Ketua PROPINDO Jatim Ramot Batubara Kamis (02/09/2021).

Acara Pelantikan dan pengambilan sumpah Advokat ini diselenggarakan di gedung Pengadilan Tinggi Surabaya di Jl. Sumatera 42 Surabaya. Dalam sambutannya, Ramot menegaskan bahwa pelantikan dan pengangkatan sumpah Advokat dilaksanakan sesuai dengan amanat Undang-Undang Advokat nomor 18 tahun 2003. UU Advokat dengan jelas menekankan bahwa Advokat merupakan profesi mulia (nobile officium).

Maka para Advokat yang hari ini dilantik dan mengambil sumpah adalah orang-orang yang telah melewati beberapa tahap formil sesuai UU Advokat yakni tahap Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA), Ujian Profesi Advokat (UPA) dan menjalani masa magang selama 2 tahun.

Mereka berhak dilantik dan mengambil sumpah Advokat untuk selanjutnya menghayati dan menjalankan profesi Advokat sesuai dengan kode etik Advokat, ucap Ramot.

Ramot melanjutkan bahwa persyaratan formil yuridis sebagaimana tuntutan UU Advokat merupakan hal penting yang tidak dapat diabaikan oleh para calon Advokat.

“Sebelum dilantik dan mengambil sumpah, para calon Advokat harus memenuhi standar yang ditetapkan oleh organisasi Propindo.Hal ini penting guna melahirkan para Advokat yang profesional, berkualitas, capable, berintegritas serta memiliki keahlian teknis hukum dan kode etik Advokat.

Profesi Advokat juga menunjukkan kekuatan hukum di tanah air, tidak hanya terjadi secara horizontal melainkan juga secara vertikal sebagai bangsa yang berlandaskan Pancasila dan beragama. Maka para Advokat harus teguh dalam keyakinan masing-masing agama di bawah sumpah, memperjuangkan keadilan dan kemanusiaan, berbhineka dalam semangat persatuan serta mengamalkan hukum dalam bingkai NKRI,” tutur pria yang akrab dipanggil Bung Ramot tersebut.

Ramot menilai bahwa dalam konteks penegakan hukum, setiap Advokat sebagai elemen penegak hukum harus terus memperjuangkan sisi kemanusiaan universal, keadilan dan kesetaraan hukum.

“Pelantikan dan pengangkatan sumpah yang diteguhkan oleh para rohaniwan dari setiap agama, tentu memiliki makna yang mendalam bagi para Advokat. Penegakan hukum selalu berkaitan dengan sisi kemanusiaan, keadilan dan kesetaraan. Maka, meski kita berbhineka, kita harus menunjukkan satu kekuatan dalam mengamalkan dan menegakkan hukum yang berkeadilan. Selain soal kemanusiaan, profesi Advokat harus mengedepankan soal kredibilitas, kepercayaan (trust),” pungkas Ramot.

Sementara itu Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya Dr.H. Siswandriyono, SH., M.Hum. dalam sambutannya menyampaikan meskipun dalam suasana Pandemi dan masih ada PPKM namun pelantikan advokat tetap dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, pengambilan sumpah atau janji yang disaksikan oleh para rohaniwan dari masing-masing agama harus menjadi modal dasar dalam menjalankan profesi sebagai Advokat.

“Hari ini, para Advokat yang baru dilantik dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab, mengangkat sumpah untuk mengamalkan profesinya sebagai Advokat. Hendaknya itu menjadi modal dasar mengamalkan dan menegakkan hukum karena saudara-saudara bersumpah dengan iman dan keyakinan masing-masing,” ungkapnya.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah Advokat tersebut dihadiri perwakilan Pengadilan Tinggi Jakarta, dan para pengurus PROPINDO, keluarga Advokat serta undangan (zack)

Tags