Foto : Perkuatan Tebing Sungai Sepanjang 0.184 Km Di Kab Sidoarjo

29 September 2021
Redaksi
1198

Pekerjaan Perkuatan Tebing Sungai Afvour Buntung Kab Sidoarjo Layak Disorot

Sidoarjo, Pusakanews, Kabupaten Sidoarjo sangat rentan terhadap banjir, khususnya pada musim penghujan. Hal ini disebabkan karena sebagian besar fungsi sungai di Kabupaten Sidoarjo sebagai saluran irigasi sekaligus saluran pematusan, salasatunya sungai Kali Buntung yang ada di wilayah Sidoarjo bagian Utara.

Untuk mengurangi debit banjir di wilayah Sidoarjo bagian Utara Pemerintah Pusat melalui Balai Besar Wilayah Sungai Brantas pada Tahun 2021 membangun penahan tebing dengan Anggran Rp 8,3 Miliar, dengan nama Paket Pembangunan Perkuatan Tebing Afvour Buntung Kabupaten Sidoarjo, yang dikerjakan PT BK.

Dalam pelaksanan proyek tersebut ada indikasi beberapa item pekerjaan tidak dikerjakan sesuai sepesifikasi teknis. Perkuatan Tebing Sungai sepanjang 0.184 Km tersebut diduga mulai dari peralatan, bahan matrial urugan tidak sesuai dengan kontrak, tentu hal tersebut akan berpengaruh terhadap kualitas pekerjaan serta ketepatan pembayaran semisal pembayaran untuk moobilisasi & demobilisasi Alat Berat.

Nur Akhmad sala satu warga yang berhasil kami temui mengatakan, masa boleh mas tanah timbunan campur batu gitu dan juga timbunan tanah dicampur Paras atau bongakaran bangunan, ko dibiarkan sama pengawasnya ya, ucapnya sedikit bertanya.

Hasil pantauan kami dilapangan dengn data yang ada didokumen lelang memng ada beberapa item yang tidak sesuai Seperti, Crowler Crane/ Crane Pancang 2 Unit, dilapangan hanya 1 unti. Phonton Angkut 2 Unit, dilapangan tidak ada, Pekerjaan Timbunan menggunakan timbunan Tanah campur batu besar, juga jenis tanah aluvial yaitu suatu jenis tanah yang terbentuk dari endapan (Jawa: tanah latri) yang memiliki sifat remah dan sangat mudah menyerap air tanah langsiran tersebut kualitasnya diragukan.

Sementara itu Kastker PJSA BBWS Brantas Indah Kusuma Hidayati, ST.MT, melalui balasan surat dengan nomor HMDI-Am/PPID/26 mengatakan, Semua peralatan, bahan, mutu pekerjaan sudah sesuai aturan, akan tetapi jawaban tersebut tidak didukung Lampiran Dokumentasi Lapangan, sebagai bukti semua pekerjaan sudah sesuai sepesifikasi teknis dan Gambar. (Zack/NA)

Tags