28 Juli 2021
Redaksi
192

Puluhan Miliar Anggaran Pemel Rutin Jalan Satker PJN Wilayah III Jadi Sorotan Warganet

Surabaya, Pusakanews, Proses perubahan penanganan rutin jalan dan jembatan Nasional Yang semula dikelola oleh kontraktor skemanya diubah menjadi swakelola ditahun 2021 ini.

Sejumlah informasi terkait Anggaran pemeliharaan rutin jalan, semisal nama pekerjaan, Lokasi pekerjaan, Perkiraan biaya, di Satker PJN Wilayah III Prov Jatim terkesan ditutupi.

BBPJN Jawa Timur Bali dalam menetapkan prioritas informasi yang wajib disampaikan ke publik terkesan pilih pilih.

Padahal salah satu yang harus dilakukan oleh pemerintah dalam mengelola anggran negara dengan menerapkan prinsip transparansi dan akuntabilitas sesuai dengan Pasal 3 ayat (2) huruf e UU 24/2007.

Selain itu, di dalam Pasal 10 ayat (1) Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU 14/2008) pun dinyatakan bahwa:

Badan Publik wajib mengumumkan secara Berkala suatu informasi sumber Anggaran, Jumlah, rincian dan peruntukanya.

Keterbukaan informasi dibuat sebagai instrumen bagi masyarakat untuk mengawasi kerja-kerja yang dilakukan oleh aparatur negara, khususnya dalam pengelolaan Anggaran, agar tidak terjadinya potensi kecurangan.

Sebab anggaran untuk penanganan rutin jalan yang digelontorkan oleh pemerintah sangat besar mencapai Rp 50 Miliar, diruas jalan yang menjadi tanggung jawab satker PJN Wilayah III Prov Jatim.

Tentunnya dengan tidak adanya informasi terkait Anggran pemeliharaan rutin jalan tersebut, tentu bisa memicu terjadinya potensi penyalahgunaan wewenang yang dapat menimbulkan kerugian negara dalam pelaksananya.

Adi Rosadi, ST., MT, Satker PJN Wilayah III Prov Jatim, dihubungi melalui whatsapp tidak ada respon, ditemui dikantornya juga tidak berhasil.

Sementara Hari stap Kasatker PJN Wilayah III Prov Jatim melalaui pesan whatsapp menyampaikan, persyaratan untuk bisa konfirmasi tatap muka sama bapk, wajib membawa hasil Rapid test COVID-19 kalau tidak bawa bapk tidak bisa nemui mas, ucapnya. (Zack)

Tags