Foto : Ilustrasi

07 September 2021
Redaksi
456

Satker PPP Wilayah II, Pembangunan SPAM Bina Kota Penuhi Kebutuhan Air Minum Masyarakat Ponorogo.

Surabaya, Pusakanews, Pemerintah melalui Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah II Provinsi Jawa Timur, terus berupaya untuk membangun dan menyediakan air bersih terutama bagi seluruh warga negara yang belum bisa mendapatkan akses infrastruktur yang sangat penting ini, yaitu air bersih.

Seperti Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) BNA Kota di Kabupaten Ponorogo. Untuk memenuhi kebutuhan air minum perlu adanya tambahan kapasitas produksi, semisal penggantian atau penambahan beberapa komponen SPAM maupun penambahan jaringan perpipaan.

Kasatker Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah II Provinsi Jawa Timur Farid Dibyo Mayangkoro, ST mengatakan, di Kab Ponorogo baru 26% dari jumlah penduduk yang sudah menikmati pelayanan air bersih, maka dari itu kita sebagai kepanjangan pemerintah terus berusaha untuk memenuhi tercapainya komposisi 100-0-100 yang artinya 100% akses air minum aman.

Masih menurut Farid pejabat yang tampilanya modis dengan rambut gondrongnya menambahkan, Pembangunan SPAM ini dibiayai dengan sumber dana World Bank (Bank Dunia) TA 2020-2021, untuk mengatasi beberapa kendala di sumur dalam eksisting, serta upaya peningkatan kualitas pelayanan air minum untuk masyarakat Ponorogo tentunya dengan memenuhi syarat kriteria 4 K (kuantitas, kualitas, kontinuitas dan keterjangkauan).

Undang-Undang Dasar 1945 pasal 28 H ayat 1 setiap orang berhak mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat salasatunya adalah air bersih yang menjadi sebuah kebutuhan dasar manusia. Ucapnya. (Zack)

Tags