Foto : Zack , Ruas Jalan Waru - Taman, Sidoarjo.

11 September 2019
Redaksi
1260

Ratusan Miliar Anggaran Paket Preservasi Waru - Krian, Belum Memenuhi Indikator Kinerja Jalan

Surabaya, Pusakanews, Paket Pekerjaan Preservasi Rekonstruksi Jalan Waru – Sidoarjo – Krian dengan Anggran Rp. 162 Miliar. Di duga dalam pelaksanaan pekerjaan tidak sesuai sepesifikasi teknis dan Gambar rencana.

Penanganan Kerusakan/lubang tidak langsung ditangani dalam rentang waktu yang telah ditentukan, sehingga titik - titik kerusakan jalan diruas tersebut menjadi bertambah banyak dan besar kerusakannya.

Lingkup pekerjaan Paket tersebut yaitu, Rekonstruksi dan Pemeliharaan Rutin Jalan, Nilai total HPS Paket Rp. 162 Miliar, Sumber pendanaan SBSN Tahun Anggaran 2018 s/d 2019, Penandatanganan Kontrak 12 Oktober 2018 . Jenis Kontrak Tahun Jamak, Cara Pembayaran Harga Satuan dengan rincial sebagai berikut : Penanganan Di Tahun 2018, Pekerjaan Rekonstruksi Jalan Volume 2,71 KM dan Pemeliharaan Rutin Jalan 65,32 KM.

Sedangkan di tahun 2019 ini direncanakan pekerjaan Rekonstruksi Jalan Volume 5,45 KM dan Pemeliharaan Rutin Jalan 62,58 KM Total 68,03 KM. Dalam Pelaksanaan Paket Pekerjaan Preservasi Rekonstruksi Jalan Waru – Sidoarjo – Krian, diduga tidak dilaksanakan sesuai dengan Syarat-Syarat Khusus Kontrak, dimana Penyedia harus menjaga kinerja jalan berdasarkan Indikator Kinerja Jalan.

Hasil investigasi Tim Pusakanews.net diruas jalan Arteri Barat Surabaya - Arteri Utara Surabaya - Legundi- Bunder-Sidoarjo. Banyak ditemukan titik – titik kerusakan jalan dibeberapa lokasi yang masuk paket pekerjaan di Tahun 2019 belum ditangani.

Semisal di Ruas jalan Waru - Taman dengan panjang 4,61 kM. Pekerjaan Pemeliharaan Rutin & Rutin Konsi di ruas jalan Taman – Berimob mulai dari KM ( 11 + 310 - 15 + 920 ), Pekerjaan pelebaran jalan ekisting volune 1,3 KM dari KM ( 15 + 970 - KM 14 + 460 ).

Diduga kuat tidak dikerjakan sesuai dokumen kontrak, seperti kerusakan perkerasan dan bahu jalan di beberapa titik dibiarkan, penambalan lubang-lubang (patching) tidak sesuai aturan yang ada, tidak dilakukan perataan setempat (spot leveling) sehingga jalan semakin bergelombang. Dengan kondisi permukaan jalan yang begelombang tentu saja sangat membahayakan pengguna jalan, terutama pengendara sepda motor.

Seperti yang di tuturkan Selamt pengendara sepeda motor, kita harus hati – hati mas bawa sepeda itu, karena jalannya banyak yang berlubang dan bergelombang antara, Berimob sampai Trosobo, bahkan ada beberapa pengendara sepeda motor sampai jatuh karena jalan yang bergelombang tersebut mas, ucap selamt.

Sesuai Surat Edaran Direktur Jenderal Bina Marga dalam menangani kerusakan jalan dengan kontrak Long Segment sudah sangat jelas, kapan waktu untuk menangani kerusakan dimaksud, apa lagi ruas Jalan Taman sampai Berimob masuk paket pekerjaan Long Segment Dan Rekontruksi Jalan Tahun 2019 dengan volume 4,6 KM dari mulai KM 11+310 - 15+920, yang tentunya ada anggran untuk menangan pekerjaan rutin tersebut.

Sementara itu, Pejabat Pembuat komitmen (PPK) 25 BBPJN 8, Waru - Sidoarjo - Krian, Nowo Tri Parjoko beberapa kali di hubungi melalui telepon seluler tidak pernah ada tanggapan.

Bagaimna ini bisa terjadi ? Bagaimana pula dengan kondisi rusa jalan yang tidak masuk paket pekerjaan Long Segment Dan Rekontruksi Jalan Tahun 2019, menarik untuk terus ditelusuri. (zack).

Tags