ILUSTRASI masker untuk mencegah virus corona SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

18 September 2020
Redaksi
232

Masker Scuba dilarang Penggunaannya, Berikut Penjelasan Para Dokter?

Pusakanews.Net- Selama Pandemi Covid-19 masih melanda dunia, penggunaan masker wajib digunakan guna menaati protokol kesehatan, terutama saat keluar rumah dan berinteraksi dengan orang lain.

 

Namun beberapa hari kebelakang pemerintah merilis pengunaan jenis masker yang tidak direkomendasikan untuk dipakai di tempat umum pada saat keluar rumah, yakni masker scuba.

 

Masker scuba menurut pakar kesehatan, tidak direkomendasikan untuk digunakan karena tidak memberikan perlindungan terhadap penularan Covid-19.

 

Masker scuba dianggapnya mempunyai lapisan bahan yang tipis dan elastis, dan kecenderungan menjadi longgar.

 

Sebelumnya, Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito mengungkapkan, masker dengan satu lapisan dan terlalu tipis memungkinkan virus penyebab Covid-19 menembus.

 

Dilansir Pusakanews.Net dari AntaraNews, praktisi klinik sekaligus relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda’i mengatakan, masker scuba dibuat dari bahan tipis yang elastis, karena hanya terdiri dari satu lapisan kain dan kecenderungan menjadi longgar.

 

“Masker scuba itu tipis satu lapis, tidak efektif, karena bahannya neoprene, cenderung elastis. Jika ditarik pori akan membesar. Padahal kita butuh kemampuan filtrasinya,” kata dr. Muhamad Fajri Adda’i.

 

Merujuk pada penelitian ilmiah dalam jurnal ACS Nano belum lama ini, Fajri mengungkapkan, kemampuan electrostatic atau menyaring partikel-partikel yang lebih kecil menjadi poin yang sangat penting.

 

Bahan sutra atau silk empat lapis bisa menyaring untuk banyak partikel, diikuti chiffon yang merupakan gabungan 90 persen polyester dan 10 persen spandeks, lalu flanel yang terdiri dari 65 persen katun dan 35 persen poliester.

 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Satgas Covid-19 merekomendasikan kain tiga lapis yakni lapisan dalam yang menyerap, lapisan tengah untuk menyaring dan lapisan luar yang terbuat dari bahan poliester.

 

Bagi yang sudah terlanjur terlanjur membeli masker scuba, bisa melapisinya dengan dua lapis kain katun agar bisa lebih tebal.

 

“Memang belum ada sepertinya penelitian yang menguji kombinasi scuba dan katun dua lapis, tetapi setidaknya katun dua lapisnya yang akan memberikan proteksi utama, jadi mungkin katun duluan (di depan baru scuba),” kata Fajri.

 (Editor: fhm)

 

 

Tags