Foto Jl. A. yani , Jl. Untung Suropati (bangil) Kab Pasuruan

10 Agustus 2019
Redaksi
657

Menyoroti Kinerja PPK Gempol - Pasuruan - Probolinggo

Pasuruan, Pusakanews, Long Segment merupakan penanganan Preservasi jalan dalam batasan satu panjang segmen yang menerus, dengan tujuan untuk mendapatkan kondisi jalan yang seragam yaitu jalan mantap dan standar sepanjang segmen.

Akan tetapi jalan mantap dan standar sepanjang segmen diruas Gempol - Bangil - pasuruan - probolinggo sepertinya hanya lamunan saja, tentu dengan bergabai macam alasan dibuatnya.

Paket pekerjaan Preservasi Jalan Gempol - Bangil - pasuruan - probolinggo tahun 2019 dengan Nilai HPS Paket sebesar Rp 25 Miliar, titik Lokasi Pekerjaan, Jl. A. yani (Bangil) - Pasuruan (Kab.), Jl. Untung Suropati (bangil) - Pasuruan (Kab.),Jl. Hamka (Prrobolinggo) - Probolinggo (Kab.) laweyan Sukapura (probolinggo) - Probolinggo (Kab.) diduga tidak dilaksanakan sesuai kontrak Long Segment.

Penyedia Jasa diduga tidak melaksanakan pekerjaan sesuai Tingkat Layanan Jalan berdasarkan Indikator Kinerja Jalan yang disyaratkan dalam Dokumen kontrak. hasil investigasi Tim kami di ruas jalan Gempol samapai Probolinggo masih banyak ditemukan Perkerasan Jalan yang dibiarkan seperti : 1a.Lubang ; 1b.Retak ; Begitu juga dengan Bahu Jalan semisal, 2a.Lubang ; 2b.Beda tinggi; masih tampak dibiarkan dibeberapa titik.

Padahal sesuai Indikator Kinerja Jalan, Tidak boleh ada lubang dengan diameter lebih dari 10 cm dan kedalaman lebih dari 4 cm pada bagian jalan dan tidak boleh ada lubang dengan diameter lebih dari 20 cm dan kedalaman lebih dari 10 cm.

Seperti yang di tuturkan Togi Vikner Nababan yang biasa di sapa bang Togi dari LSM Perkasa " PPK dan / atau Direksi Teknis ruas tersebut, ada dugaan tidak melaksanakan inspeksi lapangan setiap saat, sehingga pemenuhan Indikator Kinerja Jalan tidak seperti sebagaimana yang disyaratkan. Begitu juga dengan Penyedia Jasa Sejak diberlakukan pemenuhan Tingkat Layanan Jalan, Penyedia Jasa dalam membuat Laporan Mingguan terkait pemenuhan Indikator Kinerja Jalan Diduga bukan dari hasil inspeksi lapangan akan tetapi ada indikasi hasil perkiraan semata" ucap bang Togi.

Bang Togi menambahakan, Pakta dilapangan masih banyak Item pekerjaan yang masuk dalam lingkup pekerjaan Pemeliharaan Jalan dibiarkan, padahal pekerjaan Pemeliharaan Jalan merupakan Pekerjaan Utama dalam kontrak Long Segment, ucap Bang Togi.

Sementara itu Rudy Christanto, PPK Gempol - Pasuruan - Probolinggo yang masuk wilayah Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah III Prov. Jawa Timur, dikonfirmasi beberapakali melalui Tlp maupon Pesan Whatsapp tidak ada respon.

Seperti yang tertuang didalam Tabel SKh-2.10.a.4.(1) disebutkan, Pemenuhan tingkat layanan jalan, Apabila seluruh hasil pekerjaan yang meliputi, pekerjaan perkerasan jalan, bahu jalan, drainase jalan, perlengkapan jalan, dan bangunan pelengkap jalan. Penyedia tidak dapat memenuhi Indikator Kinerja Jalan berdasarkan waktu tanggap perbaikan yang ditetapkan akan dikenakan sanksi finansial berupa pemotongan pembayaran per hari sesuai dengan aturannya.

Apakah PPK Gempol - Pasuruan - Probolinggo sudah melaksanakanya ?. Patut kita tunggu penelusuran selanjutanya. (zack).

Tags