26 Maret 2023
Redaksi
550

Puluhan Tokoh Lintas Sektoral Hadiri Bukber di Rumah Kebangsaan Banyuwangi

BANYUWANGI, Pusakanews - Buka puasa bersama (Bukber) di Rumah Kebangsaan Basecamp Karangrejo yg digelar pada Sabtu 25 Maret 2023 petang hari, bertabur tokoh lintas sektoral.

Tampak diantaranya DR. Haya Rektor Universitas Bakti Indonesia (UBI) Cluring, Banyuwangi, dosen UBI DR. Setyo Utomo, dosen Untag 1945 Banyuwangi, Irwan Kurniawan, SH MH, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMPN Banyuwangi H Sodik, yang juga Kepala SMPN 1 Banyuwangi sekaligus Ketua Majelis Wilayah Cabang (MWC) NU Kecamatan Genteng, beserta Kepala SMPN 3 Banyuwangi, Holilik, perwakilan dari SMAN 1 Glagah dan SMAN 1 Giri Taruna Bangsa.

Selain itu, juga terlihat Kepala Kantor Kementrian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Banyuwangi yang diwakili Kasi Pendidikan Madrasah (Pendma) H. Dimyati, beserta guru senior H Anwarudin, Nurhapipi juga Ketua Komite MAN 1 Banyuwangi, KH Nur Busro, LC, Ketua Komite SMAN 1 Giri Taruna Bangsa, Ojik Fahruroji, Direktur PKBM AT-TAUBAH, Gladag, Rogojampi, Sunaryo, SKep.MM.MH, beserta beberapa pengurusnya.

Sedangkan dari jajaran aparat penegak hukum hadir Wakasatreskrim AKP Badrodin Hidayat, SH.MH, Kanit Registrasi dan Identifikasi (KRI) Satlantas Polresta Banyuwangi, AKP Puteh Rinaldi, SIK dan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Banyuwangi, diwakili Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KKPLP) Andri Setiawan, AKIP. Sementara dari aktivis dan penggiat anti narkoba juga ada Hermin Dwi Susanti, SE, NS Rudi Purwantoro, SKep, Dewi Candra, Ketua Relawan LRPPN BI Banyuwangi, Ustadz Ali Meji, dr. Doel Rohman, Joko Setiono, SKep, aktivis Holili, SAg, Tenaga Ahli Komisi DPRD Banyuwangi yang juga pengamat kebijakan publik sekaligus Konsultan Pembangunan, Andi Purnama, ST,MM,

Sekjen Partai Hanura Yudhi Marinakale, Ketua Partai Gelora Banyuwangi, H Sugiarto, SH yang juga mantan anggota DPRD Banyuwangi dari F-PAN, politisi PAN Milla Puspa dan hadir juga beberapa purnawirawan polri beserta seniman budayawan Banyuwangi, Pramoe Karno, Fatah Yasin Noer dan Bung Aguk juga tidak ketinggalan praktisi media.

Dalam sambutannya, Hakim Said, SH selaku Sohibul bait dari Rumah Kebangsaan Basecamp Karangrejo Banyuwangi mengatakan, bahwa bukber yang digelar tersebut bertujuan untuk meningkatkan tali silaturahmi sesama umat muslim khususnya dan umat lain pada umumnya.

"Bukber ini sebagai sarana untuk merekatkan hubungan dengan sesama, yang dalam agama Islam disebut hablumminannas. Kedepannya, nilai manfaatnya bisa saling menjaga kondusivitas wilayah Banyuwangi yang kita cintai secara bersama-sama," papar Hakim Said, selaku Koordinator Rumah Kebangsaan Basecamp Karangrejo, yang bermarkas di JL MT Hartono No 72 B, timur/belakang Hotel Selamet Banyuwangi ini.

Saat tausiyah disampaikan oleh KH Ikrom Hasan, yang mantan Ketua PPP dan anggota DPRD Kabupaten Banyuwangi 3 periode, dikatakan bahwa puasa ramadhan berkaitan dengan toleransi beragama. Sehingga menurutnya tidak salah jika dalam bukber di Rumah Kebangsaan Basecamp Karangrejo, juga hadir umat beragama lain sebagai bentuk kerukunan dengan sesama.

"Terimakasih hadirnya Pak Panca Sihite selaku ADM Perhutani Banyuwangi Selatan bersama staf, Pak Rudyanto selaku pengusaha, ada Pak H Salam serta Pak Joko dan Pak David serta Pak Ismail selaku Ketua Iswana. Ini menunjukkan bahwa Rumah Kebangsaan mampu mewujudkan toleransi dan kerukunan umat beragama dengan baik," ujar Kiai Ikrom Hasan, yang merupakan senior alumni IKSASS Sukorejo Situbondo, sekaligus Ketua Joko Thole, paguyuban warga Madura di Kabupaten Banyuwangi ini.

Begitu terdengar adzan Maghrib, tausiyah ditutup dengan doa oleh KRI Satlantas Polresta Banyuwangi, AKP Puteh Rinaldi, diamini oleh seluruh undangan termasuk warga masyarakat sekitar yang hadir di Rumah Kebangsaan Basecamp Karangrejo Banyuwangi.

Tags